Apa Itu Immobilizer Pada Mobil Dan Cara Kerja

Apa itu immobilizer pada mobil, Immobilizer adalah suatu sistem keamanan mobil yang akan melumpuhkan mobil apabila digunakan kunci kontak yang salah untuk menghidupkan mesin.

Sistem immobilizer terdiri dari sebuah transponder yang terletak di anak kunci kontak, immobilizer control unit receiver lampu indikator, IMOES Unit dan ECM (Engine Control Module) atau PCM (Powertrain Control Module).

Saat kunci kontak dimasukkan ke dalam ignition switch dan diputar ke posisi ON, Immobilizer Control Unit Receiver mengirimkan sinyal ke transponder di kunci kontak. Kemudian transponder yang tertanam dikunci kontak akan mengirim balik sinyal yang berisi kode melalui immobilizer control unit receiver ke ECM atau PCM.Video Ignition Key TransponderJika kode sesuai dengan kode yang sudah terdaftar pada ECM atau PCM, mesin kendaraan akan bisa distarter, tetapi jika kode tidak sama atau tidak dikenal oleh ECM, maka kendaraan ataumobil tidak akan bisa distarter atau dihidupkan.

Seperti contoh sederhana karena ketidak tahuan, seorang kenalan yang pagi-pagi menelpon, Mas kenapa mobil saya tidak bisa starter, padahal semalam saya pakai tidak ada masalah apa-apa?
Kebetulan mobil baru beberapa hari beli second, yang kebetulan karena khawatir kunci yang cuma satu satunya hilang, dibuatkanlah kunci serep atau kunci cadangan ditempat pembuatan kunci.

Ketika pagi pagi kunci cadangan tersebut dipergunakan untuk starter mobil, tidak ada terdengar bunyi starter dari mesin. Karena posisi sedang menelpon dan saya tidak tahu apa yang terjadi, maka saya arahkan untuk periksa kondisi umum saat mobil tidak bisa distarter, diantaranya periksa kondisi aki dengan menyalakan lampu besar atau bunyikan klakson, klakson bunyi keras dan lampu nyala terang.

APA ITU IMMOBILIZER PADA MOBIL DAN CARA KERJA

Tinggal dua kemungkinan, yang pertama adalah kerusakan starter carbon brush starter habis, kalau carbon brush starter habis secara otomatis starter tidak akan bekerja saat kunci kontak starter, saya tanyakan kembali apakah ada gejala tidak kuat starter sebelumnya atau starter bunyi ngek-ngek atau tidak? Jawab dari seberang telpon tidak ada gejala tidak kuat starter sebelumnya.

Pertanyaan kedua apakah pakai remote mobilnya? Tidak ada pakai remote, hanya kunci kontak, karena biasanya jika mobil pakai remote jika pintu mobil dibuka langsung dengan kunci kontak, sistem remote akan memproteksi mobil agar tidak bisa starter seperti kejadian mobil tidak bisa starter.

Karena tidak terbayang mobil pakai immobilizer saya pun tidak menanyakannya, tetapi saya minta untuk coba starter mesin pakai kunci kontak yang lain atau kunci kontak cadangan, jawab dari seberang telpon, ini kunci kontaknya baru Mas, baru kemarin saya buatkan, tapi saya coba dulu pakai kunci kontak aslinnya, tunggu sebentar Ya.

Sambil menunggu kemudian ada jawaban, bisa Mas, sekarang sudah bisa distarter, kenapa begitu Mas? OOo.. itu mobil pakai Immo, jadi tidak akan bisa distarter menggunakan sembarangan kunci. Harus menggunakan kunci yang sudah disinkronkan dengan ECU mobil.

Sumber : otomotifmobil.com

Baca Juga :

Mengenal Kunci Immobilizer pada Grand New Avanza

Perbedaan Antara Smart Key dan Immobilizer

Bagaimana Cara Mengganti Immobilizer Saat Kunci Hilang

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

 

@duniakunci
Powered by WordPress. Website Designed and developed by Ery Subagio