Kunci Immobilizer sistem dan cara kerjanya

Apakah anda mengetahui kunci Immobilizer pada kendaraan roda empat? Nah, bagi anda yang belum mengetahuinya apa itu Immobilizer, Immobilizer ialah sebuah system keamanan pada mobil yang akan melumpuhkan mobil jika anda menggunakan kunci kontak yang salah untuk menghidupkan mesin mobil. Sistem Immobilizer terdiri dari transponder yang berada di anak kunci kontak, Immobilizer Control Unit Receiver lampu indicator, IMOES Unit dan juga ECM atau Engine Control Module serta PCM atau Powetrain Control Module.

Inilah Cara Kerja Immobilizer :

Untuk Cara kerjanya sendiri, system kunci Immobilizer ini yakni pada saat kunci kontak di masukkan ke dalam ignition Switch dan di putar ke posisi On, maka Immobilizer Control Unit Receiver akan mengirimkan sinyal ke transponder di kunci kontak, dan kemudian transponder yang berada di kunci kontak akan mengirim sinyal balik yang berisi mengenai code melalui Immobilizer Control Unit Receiver ke Engine Control Module (ECM).

Kunci Immobilizer Sistem dan Cara Kerjanya

Nah, jika code sesuai dengan code yang telah terdaftar pada ECM dan PCM, maka mesin mobil akan bisa di starter, Namun jika code tidak sama atau tidak di kenal oleh ECM, maka kendaraan tidak bisa di starter atau tidak bisa di hidupkan. Hal tersebut sebagian dari keamanan kendaraan mobil dari pencuri.

Seperti contoh berikut ini, karena ketidak tahuan, seseorang yang baru saja membeli mobil seken yang kebetulan pada mobil tersebut hanya ada satu kunci. Kawatir pemilik mobil tersebut kuncinya hilang maka orang tersebut membuat kunci duplikat atau cadangan, namun ketika hendak menghidupkan mobil dengan kunci duplikat tersebut mobil tidak bisa hidup dan tidak bisa starter, hal tersebut karena pada mobil tersebut telah menggunakan system Immobilizer Sebagai pengamanan.

Demikianlah informasi mengenai pengertian dari Immobilizer, dan prinsip cara kerjanya, semoga artikel di atas bermanfaat untuk anda. dan semakn menambah ilmu tentang dunia otomotif. Terimakasih

 

One thought on “Kunci Immobilizer sistem dan cara kerjanya

  1. […] honda CR-V keluaran tahun tersebut sudah menggunakan anti theft syistem (atau yang sering di sebut immibilizer). oleh karena itu ketika men-duplikat kunci mobil honda CR-V tersebut harus tertanam sebuah micro […]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

 

@duniakunci
Powered by WordPress. Website Designed and developed by Ery Subagio