Seputar Pintu Folding Gate dan Jenisnya

 

Aneka macam bentuk pintu menjadi bagian dari inovasi dalam desain bangunan rumah. Salah satu diantaranya adalah pintu folding gate. Bentuknya mirip dengan alat music accordion. Bergerak secara horizontal dan dapat melipat dan meregang jika digerakkan.

Pintu model semacam ini jarang difungsikan untuk pintu utama rumah. Biasanya digunakan sebagai pintu toko, garasi, super market, kios dan sebagainya. Prinsip pemakaiannya hampir mirip dengan rolling door. Hanya berbeda pada cara membuka dan menutupnya. Folding gate melipat secara horizontal sedangkan rolling door digulung secara vertical.

ahli kunci jakarta

Jenis folding gate umumnya dibedakan berdasarkan dari jenis ketebalan dan materialnya. Berdasarkan jenis bahan atau material daunnya folding gate di bedakan menjadi 3 yaitu Folding Gate Besi, Folding Gate Galvalum, dan Folding Gate PVC. Sedangkan berikut penjelasan mengenai spare part pada pintu model folding gate beserta manfaat dan fungsinya.

  1. CNP, berbentuk seperti huruf C, berbahan dari besi kuat berfungsi sebagai penyangga atau wadah pintu folding gate agar tidak mudah jatuh dan tetap pada posisinya.
  2. Silangan, berbahan dari besi yang berbentuk menyilang berbaris berjejer-jejer sesuai lebar pintu. Silangan ini dapat dilipat dan meregang saat membuka dan menutup pintu.
  3. Slat, adalah semacam daun pintu berbentuk kerangka. Memiliki fungsi pengaman sekaligus peredam suara bising dan mencegah mudahnya hewan atau benda asing masuk ke dalam pintu.
  4. Profil atas, memiliki fungsi sama dengan CNP yakni menyangga pintu agar tidak jatuh dan tetap pada poosisinya.
  5. UNP, dipasang berdiri untuk menyangga kerangka pintu dan tempat silangan dan slat berada.
  6. Kupingan, merupakan tempat dimana gembok dimasukkan sebagai pengaman tambahan pada pintu folding gate ini.
  7. Kunci, memiliki fungsi membuka pintu melalui kupingan sebelum pintu digeser.
  8. Handel, merupakan pegangan pintu. Digunakan untuk membuka dan menutup kunci pintu.
  9. Bearing, adalah roda-roda kecil yang letaknya di bawah pintu. Berfungsi untuk memperlancar pintu agar mudah bergerak dengan lancar.
  10. Rel bawah, adalah pelat yang ditaruh di bawah, berfungsi sebagai tempat bearing agar bisa berjalan atau bergerak.

Siku bawah, adalah perangkat yang menjadi wadah rel bawah.

Itulah informasi seputar pintu folding gate beserta jenis dan fungsi setiap komponen pendukungnya. Jika Anda ingin memperoleh keamanan tambahan berupa pembuatan kunci duplikat atau terjadi kerusakan pintu folding secara umum, Anda bisa menghubungi kami. Ahli kunci Jakarta dapat menjadi referensi ahli kunci untuk area Jakarta, Bogor, Depok, Bekasi dan sekitarnya.

<h2>Call us : 0852 3677 6619 / 0857 7974 9797</h2>

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

 

@duniakunci
Powered by WordPress. Website Designed and developed by Ery Subagio