Mengenal Kunci Immobilizer pada Grand New Avanza

Sebagai generasi terbaru, Grand New Avanza memiliki segudang keunggulan. Tak hanya mengandalkan kebaruan tampilan, Toyota juga menyematkan fitur-fitur penting yang dibutuhkan oleh para penggunanya. Diantaranya adalah fitur keamanan yang berupa kunci immobilizer. Kunci yang berfungsi untuk mengaktifkan dan mematikan mesin ini dirancang khusus agar aman dari kemungkinan terjadinya tindak pencurian.

Kunci Immobilizer Grand New Avanza

Kunci Immobilizer Grand New Avanza

Mengapa bisa demikian? Kunci immobilizer merupakan suatu sistem keamanan mobil, dimana sistem terintegrasi dengan ECU (electronic control unit) yang ada pada pada mobil. Berbeda dengan kunci mobil biasa, jenis kunci immobilizer ini dilengkapi dengan microchip yang telah diprogram supaya bisa dikenali oleh ECU. Apabila ECU bisa membaca microchip tersebut, maka ECU akan mengirimkan sinyal yang berfungsi menyalakan mesin mobil. Namun jika mikrochip tidak dikenali ECU, maka mesin mobil pun tak akan dapat menyala.

Maka sudah barang tentu setiap kunci hanya bisa dibaca oleh ECU mobil tersebut. Kunci tidak bisa digunakan untuk mobil lain, walaupun sejenis dan sama merknya. Penggunaan kunci immobilizer ini bertujuan untuk meminimalisir potensi terjadinya pencurian mobil. Lalu, bagaimana jika Anda kehilangan kunci immobilizer ini? Tentu Anda tak bisa menyalakan mesin mobil Anda bukan?
Solusinya, dapat diselesaikan melalui Agen Pemegang Merk. Untuk Grand New Avanza, masalah dapat diselesaikan dengan menghubungi PT Toyota Astra Motor beserta seluruh jaringan dealer resminya. Syaratnya yaitu cukup dengan membawa fotocopy STNK, BPKB dan KTP pemilik mobil, untuk mengajukan permohonan pengajuan duplikat kunci immobilizer.

Kunci Immobilizer Grand New Avanza

Kunci Immobilizer Grand New Avanza

Kelengkapan dokumen tersebut dimaksudkan untuk memastikan bahwa mobil yang dimaksud benar-benar milik yang bersangkutan, bukan hasil curian.
Itulah teknologi yang melengkapi fitur keamanan pada mobil Grand New Avanza. Meski terlihat canggih, namun tetap masih ada kelemahan yang perlu diantisipasi. Dengan demikian pengetahuan tentang cara kerja kunci immobilizer ini penting agar tidak menyulitkan Anda di kemudian hari.

Baca Juga :

Perbedaan Smart Key dan Immobilizer Pada Mobil

Cara Kerja Immobilizer

Mengganti Immobilizer Jika Kunci Hilang

Share

 

2 thoughts on “Mengenal Kunci Immobilizer pada Grand New Avanza

  1. […] Mengenal Kunci Immobilizer pada Grand New Avanza […]

  2. toringsarto berkata:

    kenapa mobil yg pake imobilizer terkadang bs stater terkadang sulit distater..pdhl pake kunci asli??
    terlebih di pagi hari mau brangkat aktivitas??
    tandanya lampunya berkedip di pagi hari..klo siang sdh bs distater bs pake sampe mlm…klo pg susah g bakal hidup.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

 

Recent Post

@duniakunci
Powered by WordPress. Website Designed and developed by Ery Subagio