Perbedaan Antara Smart Key dan Immobilizer

Bagaimana Cara Mengganti Kunci Immobizer Yang HilangSalah satu fitur modern yang ada pada kendaraan roda empat yaitu smart key system. Di dalam fitur ini ada dua komponen lagi, immobilizer dansmart entry (keyless).

Gedang Pranoto, Foreman Teknisi Toyota Auto2000 mengatakan, keduanya memiliki kegunaan serta fungsi yang berbeda-beda. Ada beberapa masyarakat yang menganggap bahwa immobilizeritu keyless atau bahkan remotenya.

“Sebenarnya, kedua sistem tersebut memiliki fungsi dan kegunaan yang berbeda-beda, jadi tidak bisa disamakan. Masih banyak yang mengatakan hal tersebut, mereka menganggap bahwa keyless ituimmobilizer, padahal sebenarnya bukan,” ujar Gesang kepada Otomania, Selasa (22/12/2015).

Immobilizer Mobil

Immobilizer Mobil

Gesang menjelaskan, secara sederhana, membedakannya cukup mudah. Immobilizer sendiri merupakan sistem pendeteksian atau pengenalan kunci.Ketika kunci yang masuk ke dalam kontak tidak dikenal, maka sistem akan bekerja menggagalkan proses dalam menghidupkan mesin mobil, begitupun sebaliknya. Jika data (chip) kunci dikenali, maka mobil bisa menyala.

“Kalau immobilizer sendiri terdiri dari transponder chip yang ada di kunci mobil, kemudian yang menempel pada lubang kunci ada transponder qoil, transponder key amplifier, transponder key ECU (electronnic control unit) dan akhirnya bermuara pada ECU mesin,” ujar Gesang.Gesang menambahkan, sementara untuk smart entry key (keyless) sendiri yaitu di mana ketika akan menyalakan mobil, kunci tidak perlu dimasukkan lagi ke dalam lubang kunci. Tapi hanya menggunakan tombol engine start stop. Lubang kunci juga sudah tidak tersedia lagi.

“Tapi tidak hanya asal pencet, tetap saja si piranti keyless dengan rupa seperti remote atau transmitter harus ada di dekat mobil, agar ketika ditekan tombol engine start-stop, maka akan menyala mobilnya,” ujar Gesang.

Smart Key Mobil

Smart Key Mobil

Baca Juga :
Bagaimana Cara Mengganti Immobilizer Saat Kunci Hilang
Cara Kerja Immobilzer Yang Begitu Rumit

Share

 

4 thoughts on “Perbedaan Antara Smart Key dan Immobilizer

  1. […] Perbedaan Antara Smart Key dan Immobilizer […]

  2. Sunar berkata:

    Maaf mau tanya.., kebetulan sy punya avanza grand new 2016, kunci utama hilang, kemudian sy pakai kunci ganda, dan hilang lagi, sekarang mobil sy digarasi tdk bisa kemana, solusi stlh sy baca postingan ini, adalah dgn mendatangi agen nasmoco, dgn bawa fc stnk, bpkb dan ktp pemilik mobil,, yg saya tanyakan, berapa biaya yg harus sy keluarkan buat pembuatan kunci lagi di nasmoco?? Trmksh

  3. Sunar berkata:

    Mohon pencerahanya, karena saat ini saya masih bingung blm ketemu solusi..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

 

Recent Post

@duniakunci
Powered by WordPress. Website Designed and developed by Ery Subagio